Pengertian Gerbang Logika AND, OR dan NOT dengan Simbol, Tabel Kebenaran dan Persamaan Fungsinya

Pengertian Operasi Gerbang Logika AND, OR dan NOT dengan Simbol, Tabel Kebenaran dan Persamaan Fungsinya


Gerbang logika adalah sebuah perangkat logika (logic device) yang memiliki satu atau lebih masukan (input) dan satu keluaran (output). Karena perangkat ini termasuk perangkat digital jadi pada masing-masing masukan (input) atau keluaran (output) hanya memiliki dua keadaan logika, yaitu logika '0' (nol atau rendah) dan logika '1' (satu atau tinggi), yang mana '0' pada perangkat logika '0' diwakili tegangan 0 samapai 0,7 volt dc sedangkan pada saat logika '1'  untuk perangkat jenis IC TTL (Integrated Circuit Transistor-Transistor Logic) diwakili dengan tegangan 3,5 sampai 5 volt dc sedangkan untuk IC CMOS (Integrated Circuit Complementaru Metal Oxyde Semiconductor) diwakili dengan tegangan 3,5 sampai 15 volt.

Operasi logika dasar AND, OR dan NOT

Suatu fungsi logika atau operasi logika adalah hubungan antara variabel biner pada masukan dan variabel biner pada keluaran dari suatu rangkaian digital yang mengikuti hukum aljabar Boolean. Di dalam aljabar Boolean semua hubungan logika antara variabel-variabel biner dapat dijelaskan oleh tiga operasi logika dasar yaitu:
  • Operasi NOT (negation)
  • Operasi AND (conjuction)
  • Operasi OR (disconjuction)
Operasi operasi tersebut dijelaskan menjadi tiga bentuk yaitu
  • Tabel kebenaran yang menunjukkan keadaan semua variabel masukan dan keluaran untuk setiap kemungkinan.
  • Simbol rangkaian untuk menjelaskan rangkaian digital.
  • Persamaan fungsi.

Operasi logika NOT

Gerbang logika NOT adalah fungsi logika yang membalik (inverter) sebuah variabel biner, misalnya jika masukannya adalah 0 maka keluarannya adalah 1 dan sebaliknya. Pada operasi logika NOT biasanya menggunakan IC 7404.


Simbol, Persamaan fungsi dan Tabel Kebenaran Gerbang  NOT


Rangkaian Gerbang NOT IC 7404

Operasi logika AND

Operasi AND menghubungkan dua atau lebih variabel masukan (input) mulai A, B, … dan satu variabel keluaran Q. Gerbang ini akan menghasilkan variabel keluaran berlogika 1 hanya jika semua masukannya dalam keadaan 1. Pada Operasi AND biasanya menggunakan IC 7408.

Simbol, Persamaan fungsi dan Tabel Kebenaran Gerbang AND


Rangkaian Gerbang AND IC 7408

Operasi logika OR

Gerbang logika OR juga menghubungkan dua atau lebih variabel masukan (input) mulai A, B, … dengan satu variabel keluaran (output) Q. Keluaran (output) akan berlogika '0' hanya jika semua masukannya dalam keadaan '0' dan akan berlogika '1' jika salah satu atau semua inputnya berlogika '1'. Pada operasi OR biasanya menggunakan IC 7432.

Simbol, Persamaan fungsi dan Tabel Kebenaran Gerbang OR


Rangkaian Gerbang OR IC 7432




Sekian sekilas materi tentang Pengertian Operasi Gerbang Logika AND, OR dan NOT dengan Simbol, Tabel Kebenaran dan Persamaan Fungsinya yang dapat saya bagikan. Jika ada kesalahan kata dalam penulisan saya mohon maaf serta terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Keyword :

  • Operasi gerbang logika AND, OR dan NOT
  • Simbol gerbang logika AND, OR dan NOT
  • Tabel kebenaran gerbang logika AND, OR dan NOT
  • Persamaan fungsi gerbang logika AND, OR dan NOT
  • Rangkaian gerbang logika AND, OR dan NOT
Pengertian Gerbang Logika AND, OR dan NOT dengan Simbol, Tabel Kebenaran dan Persamaan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sena

No comments:

Post a Comment