Pengertian Operasi Gerbang Logika NAND, NOR, XOR dan XNOR dengan Simbol, Tabel Kebenaran dan Persamaan Fungsinya

Pengertian Operasi Gerbang Logika NAND, NOR, XOR dan XNOR dengan Simbol, Tabel Kebenaran dan Persamaan Fungsinya

Seperti yang sudah saya jelaskan pada post sebelumnya bahwa Gerbang logika adalah sebuah perangkat logika (logic device) yang memiliki satu atau lebih masukan (input) dan satu keluaran (output). Gerbang logika sendiri memiliki beberapa jenis gerbang dari dasar maupun kombinasi. Gerbang logika dasar antara lain: Gerbang AND, OR dan NOT. Terdapat juga beberapa gerbang kombinasi yang akan saya bagikan pada post kali ini, yaitu: Gerbang NAND, NOR, XOR dan XNOR.


Operasi logika kombinasi NAND, NOR, Exclusive OR dan Exclusive NOR


Operasi logika NAND


Gerbang logika NAND merupakan kombinasi dua buah operasi logika dasar, yaitu gerbang AND dan NOT. Masukan (input) terdiri dari dua atau lebih variabel mulai dari A, B, … dan satu variabel keluaran (output) Q. Variabel keluaran (output) akan berlogika '0' hanya jika semua masukannya dalam keadaan '1' dan akan berlogika '1' jika salah satu atau semua masukannya '1'. Pada gerbang logika NAND biasanya menggunakan IC 7400.


Simbol, Persamaan fungsi dan Tabel Kebenaran Gerbang NAND




Rangkaian Gerbang NAND IC 7400

Operasi logika NOR


Gerbang logika NOR merupakan kombinasi dua buah operasi logika dasar, yaitu gerbang OR dan NOT. Masukan  (input) terdiri dari dua atau lebih variabel mulai dari A, B, … dan satu variabel keluaran (output) Q. Variabel keluaran akan berlogika '1' hanya jika semua masukannya dalam keadaan '0' dan akan berlogika '1' jika salah satu atau semua masukannya berlogika '1' Gambar 5 menggambarkan 3 macam penggambaran fungsi operasi logika NOR.


Simbol, Persamaan fungsi dan Tabel Kebenaran Gerbang NOR




Rangkaian Gerbang NOR IC 7402



Operasi logika XOR

Gerbang logika XOR atau yang biasa disebut Exclusive OR yaitu operasi logika yang memiliki masukan  (input) terdiri dari dua atau lebih variabel mulai dari A, B, … dan satu variabel keluaran (output) Q. Variabel keluaran akan berlogika '1' hanya jika masukkannya berbeda dan akan berlogika '0' jika masukkannya sama (dapat dilihat pada tabel kebenaran). Pada operasi XOR biasanya menggunakan IC 7486.


Simbol, Persamaan fungsi dan Tabel Kebenaran Gerbang XOR




Rangkaian Gerbang XOR IC 7486



Operasi logika XNOR

Gerbang logika XNOR atau yang biasa disebut Exclusive NOR (kombinasi gerbang XOR dan NOT) yaitu operasi logika yang memiliki masukan  (input) terdiri dari dua atau lebih variabel mulai dari A, B, … dan satu variabel keluaran (output) Q. Variabel keluaran akan berlogika '1' hanya jika masukkannya sama dan akan berlogika '0' jika masukkannya berbeda (dapat dilihat pada tabel kebenaran). Pada operasi XOR biasanya menggunakan IC 7486.


Simbol, Persamaan fungsi dan Tabel Kebenaran Gerbang XNOR




Rangkaian Gerbang XNOR IC 74266




Sekian sekilas materi tentang Pengertian Operasi Gerbang Logika NAND, NOR, XOR dan XNOR dengan Simbol, Tabel Kebenaran dan Persamaan Fungsinya yang dapat saya bagikan. Jika ada kesalahan kata dalam penulisan saya mohon maaf serta terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Keyword :
  • Operasi gerbang logika NAND, NOR, XOR dan XNOR
  • Simbol gerbang logika NAND, NOR, XOR dan XNOR
  • Tabel kebenaran gerbang logika NAND, NOR, XOR dan XNOR
  • Persamaan fungsi gerbang logika NAND, NOR, XOR dan XNOR
  • Rangkaian gerbang logika NAND, NOR, XOR dan XNOR
Pengertian Operasi Gerbang Logika NAND, NOR, XOR dan XNOR dengan Simbol, Tabel Kebenaran dan Persamaan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sena

1 comment:

Post a Comment